Usia Ideal Anak Belajar Mengaji membaca iqro

header niko 728 x 90

Inilah Usia Ideal Anak Belajar Mengaji Menurut Fatwa Ulama

Usia Ideal Anak Belajar Mengaji

Apakah Anda sudah tahu usia ideal anak belajar mengaji? Apakah anak Anda juga telah mampu tartil ketika membaca alqur’an? Fakta mengenai banyaknya anak di Mamuju yang tidak fasih membaca alqur’an menjadi tamparan besar. Setidaknya, sekitar 400 anak yang mampu mengaji dari 14.000 anak.

Ini cukup memprihatinkan sekali. Padahal, alqur’an sendiri adalah pedoman bagi anak-anak yang beragama islam. Membacanya akan berpahala walaupun tidak mengerti artinya sama sekali. Apalagi jika anak bisa mengenai maksud dari bacaan alqur’annya. Tentu sangat luar biasa, yakni bisa menuntun anak menjadi anak yang sholeh kebanggaan orang tua dan agama.

Sadar akan kenyataan ini, setidaknya Anda sebagai orang tua perlu memperhatikan anak-anak. Misalnya dengan mengajari anak untuk baca alqur’an. Pertanyaannya sekarang adalah kapan waktu yang tepat bagi anak untuk diajari baca alqur’an?

Usia Pas Untuk Mengajarkan Anak Mengaji Menurut Ulama

Ketika anak masih dalam kandungan ibu, orang tua bisa membiasakan anak untuk mendengarkan lantunan ayat alqur’an.

Orang tua yang sering membacakan alqur’an semasa anak masih di kandungan biasanya akan memiliki anak yang cepat tanggap dalam membaca. Karena anak pada masa tersebut sudah bisa mendengar, dan akan terbiasa semasa telah dilahirkan.

Namun begitu, bagi orang tua yang tidak melakukannya, tetap saja ada kesempatan baginya untuk mengajarkan anak mengaji.

Menurut syaikh Khalid Abdul Mu’nim Rifa’i, usia ideal untuk mengajarkan anak mengaji adalah ketika anak sudah berusia 3 tahun.

Pada usia tersebut, akal anak sudah mulai berkembang. Menariknya lagi, memori anak masih murni sehingga akan lebih mudah untuk mengajarinya mengaji.

Bahkan di usia tersebut, anak-anak akan sangat tertarik untuk memahami sesuatu. Dengan kata lain, anak memiliki kecenderungan untuk memahami sesuatu, bahkan ingin menguasainya.

Namun perlu Anda ketahui, anak pada masa tersebut masih belum bisa melafalkan dengan fasih. Jadi, Anda perlu bersabar dengan terus mengajarinya mengaji.

Bagaimana Cara Mengajari Anak Mengaji Alqur’an?

Ketika anak masih usia 3 tahun, anak cenderung suka bermain ketimbang melakukan hal lainnya seperti mengaji. Meskipun begitu, Anda tetap bisa mengajarinya. Tentunya dengan metode yang menyenangkan bagi anak.

Salah satu caranya adalah memantik keingintahuan anak dengan Anda membacakan alqur’an. Anda bisa memberikan contoh terlebih dahulu, misalnya membiasakan mengaji sehabis sholat magrib.

Kemudian kenalkan anak dengan huruf hijaiyah terlebih dahulu. Di sini, Anda bisa menggunakan semacam alat seperti smartphone yang telah terisi bacaan huruf hijaiyah, atau bisa dengan sebuah buku berisikan huruf hijaiyah.

Dalam mengajarinya, Anda tidak bisa memaksa anak. Anda bisa meluangkan banyak waktu untuk anak dalam hal mengaji.

Maksudnya, mengajari anak mengaji alqur’an ini tidak terikat oleh waktu selama anak masih usia 3 tahun.

Anda bisa mengajarinya bila anak-anak merasa ingin mengaji. Yang terpenting, Anda selalu merutinkan anak untuk membaca alqur’an di tiap harinya.

Setelah anak sudah mulai paham huruf hijaiyah, Anda bisa melanjutkan metode pengajaran dengan bacaan kalimat pendek. Tentunya kosakata bahasa arab yang telah diberi harokat.

Baru setelah anak mulai paham, Anda bisa melanjutkan untuk mengajarinya dengan bacaan surat-surat pendek. Dan ini dilakukan secara terus menerus, kemudian mengajarinya mulai dari jus awal.

Perlu diingat, ketika anak usia 3 tahun, Andalah yang punya tugas khusus untuk mengajarinya. Baru ketika anak mulai sekitar 5-6 tahun, Anda bisa meminta orang lain untuk mengajarkan anak mengaji.

Kesimpulannya, ajari anak ketika otakanya berkembang dan memorinya masih bersih agar anak dengan mudah mengikuti apa yang Anda ajarkan. Itulah usia ideal anak belajar mengaji.

lelah di kantor ??? 300 widget kanan