Hikmah manfaat Tujuan Akikah Menurut Islam dan fadhilah nya

Inilah Tujuan Akikah Menurut Islam Yang Perlu Dipahami

Tujuan akikah menurut islam adalah untuk mendekatkan diri pada Tuhan. Namun selepas itu, masih ada tujuan lain kenapa anak terlahir di dunia perlu diakikahkan.

Aqiqah sendiri dulunya adalah tradisi orang arab sebelum lahirnya islam. Cuma prosesnya adalah dengan menyembelih kambing, kemudian darahnya dilumurkan pada bayi yang baru lahir.

Setelah islam lahir, proses pemotongan kambing masih dilakukan. Hanya saja caranya yang dirubah, yakni tanpa melumurkan darah pada bayi laki-laki atau perempuan.

Kambing yang sudah disembelih kemudian dimasak, baru kemudian disedekahkan pada orang lain seperti tetangga. Ini merupakan proses perayaan rasa syukur atas anugerah yang diberikan oleh Tuhan.

Nah, aqiqoh atau menyembelih kambing pada hari ketujuh kelahiran anak ini sebenarnya punya tujuan utama. Tujuan aqiqoh menurut islam adalah sebagai berikut ini.

Mendekatkan Diri Pada Alloh

Menyembelih kambing untuk akikah

Mengikuti aturan hukum syariat merupakan ibadah. Ibadah sendiri erat kaitannya dengan mendekatkan diri pada Alloh. Sama halnya dengan aqiqah. Aqiqah adalah bentuk pendekatan diri terhadap Tuhan dengan cara menyembelih kambing sebagai wujud rasa syukur atas karunia yang diberikanNya.

Artinya, aqiqah ini merupakan pelaksanaan yang disyariatkan untuk mendidik hamba menjadi lebih syukur dan lebih dekat dengan Tuhannya.

Seorang hamba yang bahagia atas lahirnya anak tentunya akan lebih sempurna dengan menunjukkan rasa syukurnya dengan berkurban.

Didikan inilah yang membuat hamba menjadi semakin dekat dengan Tuhan. Dan ini bisa menjadi jalan kebaikan buat orang tua maupun anaknya kelak.

Sebagai Tebusan Anak Dalam Memberikan Syafaat

Di hari akhir nanti, orang yang paling berbahagia adalah mereka yang memiliki anak sholeh/sholehah.

Anak ini diharapkan untuk melantunkan doa untuk orang tuanya, entah ketika orang tuanya masih hidup atau sudah meninggal.

Begitupun dengan urusan syafaat di hari akhir. Anak-anak sholeh/sholehahlah yang nantinya akan mengangkat orang tuanya di hari akhir.

Keuntungan ini didapatkan ketika orang tuanya dulu menebusnya dengan menyembelih kambing (aqiqoh) di waktu anak lahir. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan imam Ahmad jika dia tergadai dari memberikan syafaat bagi kedua orang tuanya (dengan aqiqahnya).

Cinta Terhadap Sunnah Rosul

Tujuan akikah menurut pandangan islam lainnya adalah sebagai wujud cinta umat terhadap sunnah rosul.

Nabi Muhammad saw mengajarkan untuk memotong kambing di kala anak lahir. Dan kegiatan ini juga dilandasi oleh mengikuti apa yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim as dalam menebus nabi ismail as.

Dengan kata lain, Anda sudah mengikuti sunnah nabi yang mana memiliki berbagai keutamaan jika dilakukan oleh ummatnya.

Memperkuat Ukhuwah Islam

Satu lagi tujuan utama dari aqiqah adalah untuk memperkuat persaudaraan di antara sesama muslim.

Hal ini tercermin dari sedekah atau memberikan masakan olahan daging kambing pada sesamanya. Baik itu tetangga kaya maupun yang miskin.

Selain memperkuat ukhuwah islam, tentu aqiqah ini juga memberikan kebahagiaan pada orang-orang miskin. Tentunya dengan pemberian makanan berupa daging dan lain sebagainya.

Menghilangkan Penyakit Dan Kotoran Anak

Selain memotong kambing, aqiqah biasanya diikuti dengan pemotongan rambut anak. Hal ini diharapkan bisa menghilangkan kotoran sekaligus penyakit pada anak.

Di hari yang sama pula, ada lantunan sholawat dan doa yang biasanya dilakukan oleh orang tua. Kemudian membuat nama yang baik untuk anak tercinta yang baru dilahirkan.

Kesimpulannya, tujuan akikah menurut islam sendiri adalah mensyukuri atas hadirnya anak sekaligus sarana untuk mendekatkan diri pada Tuhan.

lelah di kantor ??? 300 widget kanan