tata cara Manasik Haji Dan Umrah Untuk Anak TK

header niko 728 x 90

Manfaat Adanya Manasik Haji Dan Umrah Untuk Anak TK

Manasik haji dan umrah untuk anak tk merupakan salah satu kegiatan yang sudah banyak dilakukan oleh sebuah instansi pendidikan. Tentunya hal itu dilakukan atas dasar pengenalan sekaligus pembelajaran di usia dini. Namun disadari atau tidak, penerapan di masyarakat nampaknya menunjukkan pro dan kontra. Artinya ada yang setuju dilakukan oleh sebuah instansi, ada juga yang tidak menyetujuinya dengan alasan-alasan yang sama kuatnya.

Terlepas disetujui atau tidaknya kegiatan tersebut, kegiatan manasik haji untuk anak TK sudah banyak berjalan. Dan dibalik itu terdapat sejumlah poin positif yang didapatkan oleh anak-anak tersebut. Diantaranya adalah sebagai berikut ini!

Memberikan Pemahaman Mana Yang Wajib Dan Sunnah

Manasik Haji Dan Umrah Untuk Anak TK

Dalam haji ataupun umrah, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh yang melaksanakannya. Dan hal tersebut ada yang sifatnya wajib maupun sunnah.

Di sini, anak sudah bisa dengan mudahnya dalam membedakan mana yang tergolong wajib dilakukan ataupun yang tidak.

Pasalnya, anak-anak yang melakukan manasik haji telah diajarkan tentang hal yang harus dilakukan selama haji serta hal yang boleh ditinggalkan saat haji. Terbukti dengan membiasakan dalam hal praktek pada manasik haji dan umrah.

Tentunya, pemahaman ini akan semakin terasah seiring dengan selalu dilakukannya oleh anak. Bahkan faktor pendukung yaitu usia anak menjadi waktu yang tepat untuk mempelajari sekaligus memahami sesuatu.

Intinya, manfaat manasik haji anak TK ini adalah untuk mengenalkan anak tentang teori dan praktek haji serta umrah.

Mengenal Doa-Doa Sunnah Dari Sejak Keberangkatan Sampai Kembali Pulang

Dalam kegiatan manasik haji, anak-anak juga akan diajari berbagai macam doa. Mulai dari doa ketika akan berangkat sampai ketika kembali ke rumah.

Doa-doa ini sebenarnya sangat penting untuk menemani perjalanan haji. Doa inilah yang mana bisa melengkapi keberangkatan haji, bahkan bisa menjadi awal diterimanya haji di Baitullah nantinya.

Di sini, anak-anak akan diajarkan beberapa doa sunnahnya. Mulai dari ketika akan melangkahkan kaki dari rumah, kemudian ketika memasuki tanah suci, bahkan juga diajari tentang bacaaan talbiyah.

Ini merupakan bagian sunnah yang mana berpahala jika dilakukan ketika melaksanakan haji. Jadi, manfaatnya melakukan manasik tak lain untuk menambah sempurnanya ibadah haji dengan pengajaran doa-doa sunnah.

Memberikan Gambaran Keadaan Makkah

Gambaran keadaan makkah akan dibuat semirip mungkin, contohnya adalah miniatur ka’bahnya.

Gambaran ini tentu akan membuat anak-anak yang mengikuti praktek manasik haji lebih memahami. Contohnya adalah ketika diminta untuk melakukan praktek thowaf mengelilingi ka’bah.

Begitu pula dengan praktek rukun lainnya semisal berlari-lari kecil antara sofa dan marwa. Tentu gambaran mengenai keadaan dan waktunya akan membuat anak lebih sadar, kemudian memahami apa yang akan dilakukan ketika berada di keadaan tersebut.

Menimbulkan Keinginan Anak Untuk Melaksanakan Rukun Islam Ke Lima

Sebagai muslim yang sejati, ibadah haji tentu menjadi pelengkap ibadah yang diwajibkan. Tentu ibadah ini diwajibkan untuk orang-orang yang mampu melakukannya.

Tidak semua orang bisa melakukannya, namun bagi yang punya keinginan kuat tentu akan mengusahakannya.

Sama seperti ketika masa kanak-kanak. Anak-anak sudah diberikan rasa cinta untuk melakukan ibadah haji. Tujuannya adalah supaya dewasa nanti anak-anak punya keinginan untuk pergi haji, tentunya dibarengi dengan usaha untuk menabung dan lain sebagainya.

Intinya, praktek manasik ini adalah memberikan pemahaman sekaligus kesadaran buat anak tentang kewajiban orang muslim yang mampu menjalankan rukun islam kelima. Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari pelaksanaan praktek manasik haji dan umrah untuk anak tk.

lelah di kantor ??? 300 widget kanan