Pahala dan Hukum Memelihara Kucing Dalam Islam

Hukum Memelihara Kucing Dalam Islam Dan Tips Memelihara Kucing

Pahala dan Hukum Memelihara Kucing Dalam Islam

Bagaimana hukum memelihara kucing dalam Islam ? Apakah wajib, sunnah, mubah, makruh, ataukah haram? Kemudian bagaimana cara memelihara kucing yang baik dan benar? Apakah ada trik khusus saat ingin memelihara kucing ini?

Sebelum mengulas bagaiman cara yang baik memelihara kucing, mari sama-sama kita melihat sebenarnya bagaimana hukum dari memelihara kucing menurut Islam?

Rasulullah SAW memiliki hewan kesayangan berupa kucing yang beliau namai dengan nama Mueeza. Bahkan saking sayangnya, Beliau rela memotong jubahnya lantaran tidak ingin mengganggu kucing peliharaannya yang pada saat itu sedang tertidur lelap di atas jubah Rasulullah SAW.

Dan perlu Anda ketahui bahwa kucing ini bukan merupakan hewan yang najis. Jadi dari segi hukumnya, memelihara kucing di dalam Islam adalah mubah atau boleh. Bahkan Rasulullah SAW tidak melarang sahabatnya berwudlu menggunakan air bekas minuman dari kucing.

Bahkan kepada para sahabatnya, Nabi SAW berpesan agar supaya menyayangi kucing peliharannya layaknya ketika menyayangi keluarganya sendiri.

Hukum untuk mereka yang menyakiti kucing ini terbilang sangatlah serius, di dalam sebuah hadits shahih Al-Bukhori dikisahkan bahwa ada seorang wanita yang tidak pernah memberikan makan kucing peliharaannya, selain itu wanita tersebut juga tidak melepas kucing peliharaannya tersebut. Dan apa yang terjadi, dalam hadist tersebut dijelaskan bahwa api nerakalah yang pantas didapatkan oleh wanita tersebut.

Tidak hanya Nabi SAW yang memiliki kucing peliharaan, Aisyah RA yang merupakan istri dari Nabi SAW juga mempunyai kucing peliharaan. Bahkan ada salah satu sahabat Nabi SAW seorang ahli hadist yang bernama Abdurrahman bin Sakhr Al Azdi yang mendapatkan julukan Abu Hurairah yang berarti bapak para kucing jantan lantaran beliau ini sangat sayang merawat dan memlihata kucing.

Jadi jika melihat cerita di atas, hukum dari memelihara kucing di dalam Islam sudah sangat jelas, yakni hukumnya mubah atau boleh. Namun lantaran api neraka adalah balasan bagi Anda yang menelantarkan kucing peliharannya, untuk itu rawatlah kucing peliharaan Anda dengan sebaik-baiknya.

Tips Memelihara Kucing

Islam menghukum orang yang menelantarkan kucing peliharannya dengan siksa dari api neraka. Agar supaya bisa memelihara kucing dengan baik dan benar, cobalah untuk mempraktikkan beberapa tips memelihara kucing berikut ini:

  1. Sediakanlah Tempat Tidur Khusus Untuk Kucing

Pada dasarnya kucing membutuhkan tempat yang baik dan nyaman untuk tidur. Selain itu hal ini dimaksudkan agar supaya kucing tidak tidur di sembarang tempat. Hal ini juga dimaksudkan supaya bulu-bulu kucing yang tertinggal saat selesai tidur tidak berserakan dimana-mana. Apalagi jika ada anggota keluarga yang alergi terhadap bulu kucing.

  1. Sediakan Tempat Khusus Kucing Untuk Menggaruk

Perlu Anda ketahui, secara naluriah, kucing memiliki kuku-kuku yang tajam dan perlu untuk diasah. Jadi secara berkala, kucing ini akan mengasah ketajaman dari kuku-kukunya ini.

Biasanya, ketika di alam bebas, kucing akan melakukannya dengan menggaruk-garuk batang pohon. Namun karena ini di dalam rumah, Anda sering mendapati kucing yang sering menggaruk-garuk bagian dari pinggir kursi ataupun tembok.

Untuk itu agar supaya perabotan rumah tidak rusak akibat cakaran dari kucing ini, ada baiknya Anda menyediakan tempat khusus untuk kucing menggaruk-garukkan kukunya ini.

  1. Sediakan Tempat Untuk Membuang Kotoran

Meskipun ada hewan peliharaan di dalam rumah, namun tentunya kebersiahan dari rumah tatap harus menjadi prioritas utama. Akan sangat menjengkelkan jika di dalam rumah ada bau yang tidak enek lantaran ada kotoran hewan di mana-mana.

Untuk itulah kenapa Anda harus menyediakan tempat khusus kucing untuk membuang kotorannya. Dibeberapa toko hewan juga sudah menyediakan pasir khusus untuk kucing membuang kotorannya.

Lantaran Rasulullah SAW dan para sahabatnya banyak yang memelira kucing, jadi bisa disumpukan jika hukum memelihara kucing dalam Islam adalah mubah atau boleh.

 

lelah di kantor ??? 300 widget kanan