Niat Doa Setelah Berwudhu yang benar dan shahih

header niko 728 x 90

Lima Keutamaan Doa Setelah Berwudhu

Doa setelah berwudhu memiliki banyak keutamaan. Doa setelah wudhu juga sering dilakukan Rosulullah Saw. Adapun keutamaan melakukan doa ini. Meskipun doa ini terbilang mudah dilakukan, tidak semua orang melakukan sunah ini dengan konsisten. Bagi yang dapat mengkonsistenkan doa ini, akan memperoleh lima keutamaan.

Sebelum masuk ke pembahasan keutamaan membaca doa setelah berwudhu, berikut adalah doanya.
اَشْهَدُ اَنْ لآّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLOOHU WAHDAHUU LAA SYARIIKA LAHU WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN ‘ABDUHUUWA ROSUULUHUU, ALLOOHUMMAJ’ALNII MINAT TAWWAABIINA WAJ’ALNII MINAL MUTATHOHHIRIINA.

Artinya:
Aku mengaku bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci (sholeh).

Dari doa di atas, berikut keutamaan doa setelah berwudhu bagi kehidupan manusia.
Memperoleh Berkah Allah SWT Kesempurnaan hidup seorang manusia tergantung dari rasa syukur yang dimilikinya. Rasa syukur akan muncul dengan sendirinya apabila memiliki hati dan pikiran yang positif. Hati dan pikiran yang positif dapat diperoleh berkat kemurahan dan berkah Allah SWT yang meniupkan kedamaian di hati hamba-hamba yang dikehendakinya. Salah satunya dengan mengamalkan doa setelah berwudhu.

Dilapangkan Rezeki

Keutamaan membaca doa setelah berwudhu selain menyempurnakan wudhu. Ternyata doa tersebut juga memberikan manfaat dilapangkan rezeki kepada yang membaca. Bentuk rezeki dalam hal ini lebih luas. Rezeki tidak selalu berupa uang. Bentuk rezeki bisa berupa kesehatan, jodoh, pekerjaan dan keharmonisan keluarga. Kedamaian hati dan ketentraman hidup juga termasuk rezeki.

Mendapatkan Pahala

Barangsiapa yang mengamalkan doa setelah berwudhu akan dicatat oleh dua malaikat sebagai amalan baik dan pahala baginya. Lantas bentuk pahala seperti apa? WaAllahualam bisowab. Bentuk pahala bermacam-macam, itu hak prerogratif Allah Swt. Bisa juga pahala diberikan saat kita di dunia, bisa juga pahala diberikan di dunia akhirat. Tiada satupun manusia yang dapat meminta, kecuali atas izin-Nya.

Memperolah Ketentraman Jiwa

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Keutamaan membaca doa setelah wudhu akan memperoleh ketentraman jiwa. Mengingat, jaman millennial saat ini tidak semua orang memiliki kedamaian dan ketentraman jiwa. Ketentraman dan kedamaian jiwa salah satu kunci kebahagiaan dan ikhlas menjalani kehidupan di dunia ini.

Dibukakan 8 Pintu Surga

Barangsiapa yang mengamalkan doa setelah berwudhu akan dibukakan 8 pintu surga yang dapat dimasuki oleh pembacanya lewat pintu mana saja. Umar bin Khoththob Ra,

Nabi Muhammad saw bersabda :
“Aku bersaksi bahwa tidak ada Zat yang wajib diibadahi kecuali hanya Allah tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.” [HR. Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah, Tirmidzi]

Imam Tirmidzi pun menambahkan sebagai berikut. “Ya, Allah jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang disucikan.”
Itulah lima keutaman doa setelah berwudhu yang dapat dicoba dan dipraktikkan. Dari ulasan tersebut dapat diambil pelajaran penting, membiasakan diri berdoa setelah wudhu sebenarnya ringan, namun sulit tidak semua orang dapat melakukannya dengan istiqomah. Masihkah kita menyia-nyiakan amalan ini? Sayang jika dilewatkan. Sekian, Semoga ulasan ini bermanfaat dan memberikan berkah.

lelah di kantor ??? 300 widget kanan