Waktu Yang Tepat Anak Belajar Membaca menulis di rumah

Pada Usia Berapa Waktu Yang Tepat Anak Belajar Membaca?

Kira-kira waktu yang tepat anak belajar membaca itu pada usia berapa? Jawaban dari pertanyaan tersebut sangat penting untuk diketahui oleh para orang tua. Kenapa bisa sangat penting, ini berhubunagn erat dengan perkembangan kecerdasan dari si anak itu sendiri. Sebagai orang tua Anda tidak bisa serta merta memaksa anak untuk belajar membaca. Meskipun ada kalanya anak itu harus dipaksa. Lebih tepatnya bukan dipaksa namun sedikit ditekan.

Hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan penyadaran kepada si anak itu sendiri bahwa belajar membaca merupakan sesuatu yang penting dan harus mereka lakukan. Namun tentunya dengan cara yang tidak kasar. Lebih tepatnya bukan dipaksa namun diajak.

Berbicara tentang waktu yang tepat untuk anak belajar membaca, kira-kira pada saat anak umur berapa bisa memulainya?

Kapan Saat Yang Tepat Anak Diajari Membaca?

Usia di bawah 5 tahun bisa disebut juga dengan fase golden age. Masa dimana anak untuk belajar mengenal hal-hal baru, membentuk karakter, bersosialisasi, bermain, mulai membentuk kepribadian, mental, dan juga kecerdasan.

Anak Belajar Membaca dan menulis di rumah

Pada dasarnya, anak usia dibawah 5 tahun masih belum dapat berpikir secara terstruktur sehingga belum pas jika diajarkan membaca. Waktu yang tepat anak belajar untuk membaca idealnya ketika anak berusia 5 hingga 7 tahun.

Alasannya adalah pada usia tersebut minat belajar anak sudah muali muncul. Selain itu anak juga sudah siap berpikir secara optimal serta sudah siap secara motorik juga. Setidaknya pada uasi tersebut Anda sudah bisa melihat ketertarikan anak akan suatu kegiatan serta kemampuan anak dalam berkomunikasi.

Perlu orang tua pahami juga bahwa kemampuan serta kesiapan setiap anak berbeda-beda dalam menerima pembelajaran. Ada jug anak usia 5 tahun sudah mampu membaca, namun ada juga anak yang belum bisa sama sekali.

Menyikapi kondisi semacam ini orang tua sering kali salah menyikapinya. Orang tua sering memaksa anaknya untuk bisa membaca lantaran melihat anak tetangganya sudah bisa membaca. Memaksa anak yang belum siap seperti ini hanya akan berakibat buruk untuk perkembangan anak itu sendiri.

Lantaran pada waktu kecil sering dipaksa bisa berpotensi anak menjadi tidak suka membaca saat besar nanti. Bisa juga menghambat perkembangan otak kanan anak, anak beranggapan belajar itu sulit, membunuh kreatifitas anak sehingga akhirnya anak akan mulai malas belajar.

Sebagai orang tua, Anda harus mampu melihat kamampuan serta kapasitas dari anak Anda sendiri. Sebelum Anda mulai mengajarkan membaca. Anda harus mampu merancang sebuah pendidikan dengan konsep yang menyenangkan. Sebab pada usia golden age kecenderungan anak untuk bermain sangat tinggi.

Cipatakanlah konsep pembelajaran yang menyenangkan supaya anak mudah menerima tanpa merasa dipaksa dan tertekan. Menciptakan iklim pembelajaran yang seperti ini menjadi sangat penting dan harus dilakukan oleh semua orang tua. Jika ingin perkembangan anak bisa berjalan secara maksimal.

Carilah waktu tepat untuk anak belajar membaca. Selain itu selalu ciptakan kondisi yang menyenangkan pada saat belajar membaca. Jangan pernah membandingkan anak Anda dengan akan orang lain.

Bahkan Anda tidak perlu merasa risau jika pada usia 6 sampai 7 tahun anak Anda belum lancara membaca. Akan sangat lebih baik bila Anda selalu memberikan motifasi tanpa harus memaksanya.

Jadi lantaran perkembangan anak yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya membuat waktu yang tepat anak belajar membaca jadi berbeda-beda pula.

lelah di kantor ??? 300 widget kanan