Mendidik anak secara islami sejak usia dini Ala Rasulullah

Solusi Mendidik anak secara islami sejak usia dini  Agar soleh dan soleha

Mendidik anak secara islami sejak usia dini

Orang tua mana yang tiak bahagia jika mempunyai anak yang soleh atau soleha  serta dapat di banggakan. Oleh karena itu  mendidik anak secara islami sejak usia dini  sangatlah penting, karena merupakan pondasi dasar agar kelak menjadi anak-anak yang cerdas  dan berakhlak mulia .  Rasulullah SAW adalah teladan terbaik dalam segala hal termasuk mendidik anak , sudah seharusnya kita mencontoh Rasulullah dalam hal membentuk karakter akhlak anak yang islami.

Mendidik anak sejak usia 0 – 6 tahun

Mendidik anak perlu usaha yang konsisten , dan tidak menyerahkan sepenuhnya pada lembaga seperti sekolah , yayasan non formal . dll. Tanggung jawab utama terletak pada orang tua.

Rasulullah mengajarkan agar selalu bersikap lemah lembut saat anak berusia 0 hingga 6 tahun. Memberi segenap kasih sayang , mendengar serta selalu dekat dengan anak adalah cara Rasulullah mendidik anak di usia dini. Pada masa ini perlakukan anak “sebagai raja” dalam arti tidak memanjakan anak secara berlebihan.

Pada umur 0 – 6 tahun merupakan masa-masa emas (Golden Age)  di mana pertumbuhan fisik dan kecerdasannya berkembang sangat baik. Orang tua bisa mendukung dengan memberi mainan yang mendidik dan mengasah kecerdasannya

Perlu di ingat bahwa tindakan melarang , memukul , menyiksa hanya akan merusak pertumbuhan otak anak. Tindakan semacam itu akan menjadikan anak pemarah , tidak percaya diri dan terbelakang secara fisik dan mental. Berikanlah rasa aman , sehingga anak merasa di perhatikan dan di lindungi.

Mendidik anak secara islami sejak usia 7 hingga 14 tahun

Sebagai haruslah memahami psikologi anak menurut usia mereka , karena mendidik anak secara islami sejak usia dini menurut perkembangan usia anak sangatlah penting untuk diketahui. Rasulullah mengajarkan serta memerintahkan sholat dan “memukul” anak jika ia lalai dalam mengerjakan sholat.

Sejak memasuki usia 7 tahun sebaiknya anak mulai tidur terpisah dan mempunyai kamar sendiri , mulai tanamkan tanggung jawab dan disiplin seperti merapikan kamar sendiri , menyiapkan pelajaran sekolah dan yang paling utama adalah mengerjakan sholat lima waktu.

Berikan hukuman yang mendidik bukan hukuman yang menyakitkan apalagi memukul bagian kepala sangat di larang Rasulullah. Buatlah aturan dan kesepakatan-kesepakatan tentang banyak hal , dan berikan sanksi jika ia melanggar aturan tersebut.

Mendidik anak secara islami sejak usia dini – Umur 15 sampai 21 tahun

Sifat pemberontak mulai muncul pada rentang usia ini, orang tua perlu memahami dan melakukan pendekatan terhadap anak. Perlakukanlah anak layaknya seperti sahabat , karena kedekatan terhadap anak membuat ia nyaman dan tidak segan untuk curhat mengenai permasalahan yang ia hadapi. Sediakan waktu untuknya untuk berkeluh kesah dan berilah solusi yang terbaik sehingga ia tidak mencari solusi dan pelampiasan emosi di luar rumah, Jadilah sahabat setianya.

Pada usia ini  anak sudah dapat diandalkan dan menjadi wakil keluarga di masyarakat. Untuk mendidik anak secara islami sejak usia dini hingga ia remaja perlu usaha dan konsistensi yang tidak mudah jika usaha sudah maksimal saatnya bertawakal dan berdoa kepada ALLAH SWT agar keluarga dan anak-anak kita selalu di lindungi dan di beri petunjuk kejalan yang benar, Amin.

lelah di kantor ??? 300 widget kanan

Leave a Reply

Your email address will not be published.