efek negatif dan manfaat tidur siang bagi anak untuk kesehatan

header niko 728 x 90

ini dia manfaat tidur siang bagi anak yang harus diketahui

Jangan menganggap sepele manfaat tidur siang bagi anak untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental mereka. Apalagi jika anak masih dalam usia balita anak-anak perlu istirahat baik pikiran maupun tubuhnya. Oleh karena itu tidur siang sangat di butuhkan bagi anak-anak , menurut spesialis dokter anak Judith A. Owens yang kami kutip dari detik.com pada usia balita anak-anak membutuhkan 12 hingga 14 jam waktu tidur dalam 24 jam. Misalnya jika putra-putri anda tidur malam hari selama 10 jam maka usahakan minimal 2 jam untuk tidur di siang hari.

Tidur siang bermanfaat bagi anak

Banyak penelitian yang mengungkapkan jika anak kurang tidur dapat berpengaruh pada kondisi kesehatannya seperti suka uring-uringan bahkan sampai berpengaruh pada masalah berat badan.  Oleh karena itu awasi balita anda agar selalu tidur cukup waktu walaupun keliatannya mereka tidak ngantuk. Berikut ini adalah manfaat tidur siang bagi anak yang sebaiknya di ketahui para orang tua :

  1. Memperkuat sistem imun atau daya tahan tubuh
  2. Menambah kecerdasan otak
  3. Memperbaiki metabolisme tubuh
  4. Mencegah agar tidak sakit
  5. Menjaga mood dan suasana hati anak agar tetap stabil
  6. Merangsang tumbuh kembang anak
  7. Memperbaiki konsentrasi dan proses berpikir

Begitu besar manfaat tidur siang bagi kesehatan anak inilah alasan mengapa orang tua harus berupaya agar anak mempunyai waktu tidur yang cukup. Dengan berbagai alasan kadang anak-anak menolak tidur siang karena asik bemain game , gadget , atau pun menonton acara televisi kegemaran mereka. Sebaiknya tetapkan jadwal tidur siang dan tidur malam bagi anak , namun jika anak tidak mau tidur siang itu biasanya mereka sudah banyak tidur di malam hari.

Dampak negatif tidur siang bagi anak

Jika di tanyakan dampak negatif tidur siang tentu saja jika anak terlalu banyak tidur akan berpengaruh juga dengan stamina dan kebugaran mereka. Anak kelihatan loyo dan malas beraktifitas bahkan merasakan nyeri sendi. Jadi sebaiknya harus di perhatikan juga durasi tidur siang nya.

Ada beberapa tips agaar anak merasa nyaman dan pulas saat tidur siang seperti membuat suhu ruangan yang sejuk , menjauhkan dari gdget dan barang elektronik yang mengganggu , berikan beberapa makanan yang dapat merangsang rasa ngantuk seperti pisang , susu dan yogurt.

Jika anak menunjukkan sikap yang berbeda seperti mudah marah , susah berkonsentrasi , sering jatuh sakit bisa jadi di akibatkan karena mereka kurang tidur baik siang maupun tidur malam. Tidur siang sangat efektif untuk mengatasi masalah-maslah tersebut , memang seiring dengan bertambahnya usia waktu tidur siang anak akan berkurang namun orang tua harus selalu mengingatkan karena tidur siang sangat bermanfaat bagi anak balita anda.

 

lelah di kantor ??? 300 widget kanan