Kegiatan Olahraga Untuk Anak Usia Dini paud TK

header niko 728 x 90

Olahraga Untuk Anak Usia Dini Yang Aman Dan Menyehatkan

Olahraga Untuk Anak Usia Dini

Sebagai orang tua Anda tentunya harus tahu jenis olahraga untuk anak usia dini yang aman dan juga menyehatkan. Seperti halnya kebiasaan positif lainnya, kebiasaan berolahraga pada anak usia dini sebaiknya sudah Anda lakukan sedini mungkin.

Berolahraga untuk anak usia dini tentunya tidaklah sama dengan anak-anak yang usianya lebih besar. Tentu saja bukanlah jenis olahraga prestasi, namun leih kepada bagaimana gerak tubuh si anak dapat mendukung perkembangan dan pertumbuhannya.

Sesuai dengan laju dari pertumbuhan fisiknya, sebenarnya apapun pilihan bentuk kegiatan fisik yang dilakukan oleh anak haruslah memperhatikan juga perkembangan kemampuan motorik sesuai dengan usianya. Untuk itulah sebagai orang tua Anda harus pintar-pintar memilihkan olahraga yang cocok untuk anak usia dini.

7 Jenis Olahraga Bagi Anak Usia Dini Yang Bisa Anda Pilih

Untuk mendukung perkembangan fisik balita Anda, Anda harus memilihkan jenis olahraga yang tepat. Olahraga yang tepat maksudanya adalah jenis olahraga yang sesuai dengan jenjang umur dari buah hati Anda.

Untuk beberapa pilihan jenis olahraga bagi anak usia dini yang bisa Anda pilih adalah sebagai berikut ini:

  1. Berjalan dan Berlari

Bagi balita, berjalan dan berlari bisa menjadi pilihan jenis olahraga yang terbilang sangat cocok. Apalagi jenis olaraga yang satu ini bisa dengan mudah dilakukan dimana saja. Sering-seringlah untuk mengajak balita Anda berjalan-jalan atau lari-lari. Olahraga ini bisa dilakukan baik di pagi hari ataupun di sore hari.

  1. Bergelantungan

Dengan memilih olahraga yang satu ini secara otomatis Anda sudah melatih otot tagan dan juga genggaman anak serta melatih bagian belakang dari tubuh anak Anda.

  1. Melompat

Melompat juga bisa menjadi pilihan jenis olahraga untuk balita. Oalahraga ini bertujuan untuk melatih otot kaki balita Anda. Apalagi dalam hal ini balita juga suka kalau disuruh untuk melompat-lompat.

  1. Menendang, Menangkan, dan Melempar Bola

Jenis olahraga yang satu ini bertujuan untuk melatih ketangkasan dan juga keakuratan. Arahkan balita Anda untuk menendang ataupun melempar bola ke suatu titik yang sudah Anda tentukan.

Selain itu Anda juga bisa mengajarinya untuk menagkap bola. Olahraga seperti ini selain untuk melatih otot juga untuk mengasah skill berpikir cepat dan juga tanggap dengan respon yang cepat.

  1. Bersepeda

Olahraga bagi balita lainnya yang bisa Anda pilih adalah bersepeda. Selain itu bersepeda juga sangat aman dan sesuai dengan anak usia dini. Berikanlah sepeda yang sesuai dengan ukuran dari tubuhnya.

  1. Berenang

Berenang juga merupakan olahraga yang cocok dan menyenangkan untuk anak usia dini. Dengan berenang ini, nanti anak dilatih dalam hal stamina, pernafasan, dan otot tubuh yang lainnya.

  1. Senam untuk Anak Usia Dini

Olahraga untuk anak usia dibawah 6 tahun selanjutnya adalah senam khusus anak usia dini. Dengan senam, bisa melatih kelenturan tubuh, kekuatan fisik, dan staminanya juga akan terbentuk dengan sangat baik.

Selain itu, gerakan-gerakan dari senam khusus anak ini bisa melatih keseimbangan anak agar supaya nanti anak Anda memiliki tubuh yang kokoh dan juga kuat. Selain itu senam juga salah satu jenis olahraga yang menyenangkan.

Agar supaya pertumbuhan fisik balita Anda berkembang dengan baik, memilihkan jenis olaraga yang sesuai dengan usianya sangat penting untuk diperhatikan. Sebab jangan sampai jenis olahraga untuk anak usia dini yang Anda pilihkan nanti malah memberatkan fisik balita Anda.

 

lelah di kantor ??? 300 widget kanan