Inilah 3 Manfaat Tidur Siang Menurut Islam

Ga Semua Orang Melakukannya, Inilah 3 Manfaat Tidur Siang Menurut Islam!

Sudah tahu manfaat tidur siang menurut islam? Ternyata tidur siang manfaatnya sangat besar walaupun hanya dilakukan beberapa menit saja. Meskipun begitu, tidak semua orang melakukannya. Alasan paling dasar tentu saja datang dari yang bekerja. Tidaklah memungkinkan buat mereka untuk tidur.

Tapi jika memang bisa mengaturnya, maka tidur siang ini tetap bisa dilakukan. Tentunya untuk mendapatkan kebugaran tubuh, kemudian yang paling baik adalah disunnahkan. Artinya, berpahala kalau dilakukan.

Kembali pada manfaat tidur siang dilihat dari pandangan islam, ada 3 keuntungan yang bisa didapatkan oleh yang melakukannya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini!

 

Meningkatkan Konsentrasi

Normalnya, siang hari adalah waktu yang sangat melelahkan. Orang lebih sering mengantuk, kemudian malas untuk melakukan pekerjaan. Apalagi ketika mereka telah makan siang. Kantuk biasanya sangat terasa sehingga cukup sulit untuk sekedar membuka katup mata secara sempurna.

Tidur siang baik untuk kecerdasan anak

Buah dari lelah dan kantuk tentu saja akan berpengaruh pada konsentrasi seseorang. Contohnya tentu saja kurang sigap dalam pekerjaan. Ketika Anda juga mengalami masalah seperti ini, cara tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan istirahat. Istirahatpun tidak perlu lama-lama, cukup 40 menitan saja.  Dengan istirahat siang, Anda akan bangun lebih bugar dan kantuk yang tadi terasa akan hilang lebih cepat.

Menurut studi, tidur siang selama 20 menit jauh lebih efektif ketimbang konsumsi kafein 200 mg. Ini artinya, tidur siang bisa menuntaskan masalah kantuk lebih efektif ketimbang minum kopi atau semacamnya.

 

Meminimalisir Munculnya Stress

Stress sangat wajar dialami oleh orang dewasa. Tekanan demi tekanan membuat otak terasa terbebani. Akhirnya, timbul stress berkepanjangan yang membuat gairah hidup semakin menurun. Stress sendiri merupakan keadaan dimana bisa dipicu oleh hormon kortisol dalam tubuh. Hormon yang diproduksi secara berlebihan membuat tubuh bereaksi, kemudian akibatnya membuat orang mudah stress.

Parahnya, hormon kortisol ini bisa terus meningkat, bahkan bisa bertahan sampai beberapa hari. Tentunya jika tidak ditangani dengan cepat.Untungnya, Anda bisa menangani masalah tersebut dengan cara yang sederhana. Yakni dengan tidur siang selama kurang lebih 15 menitan saja.

Manfaat istirahat siang menurut islam ini tak lain karena istirahat demikian membuat hormon kortisol mengalami penurunan secara signifikan. Ketika hormon ini terus menurun, tentu saja stress bisa diminimalisir. Jadi, jika stress dirasa timbul, perhatikan apakah Anda pernah istirahat siang atau tidak.

 Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular sebenarnya sudah sangat lumrah terjadi di kalangan masyarakat. Mulai dari serangan jantung, paru-paru sampai dengan stroke. Meskipun begitu, penyakit tersebut sangatlah berbahaya. Karena memang penyakit ini cukup mematikan, dan sulit untuk disembuhkan.

Sulitnya penanganan jelas membuat orang perlu berhati-hati. Salah satunya dengan cara melakukan pencegahan sedini mungkin. Model pencegahanpun sangat beragam, mulai dari mengkonsumsi makanan baik, olahraga, sampai istirahat. Dan istirahat siang ini adalah salah satu cara yang cukup ampuh.

Menurut hasil penelitian di Yunani, orang yang terbiasa tidur siang selama 30 menit dalam 3 kali seminggu memiliki resiko kecil terhadap penyakit kardiovaskular sebesar 37 persen. Ketika istirahat ini diimbangi dengan gaya hidup sehat seperti olahraga dan konsumsian sehat, maka Anda tidak perlu khawatir lagi dengan penyakit kardiovaskular.

Cuma yang perlu digarisbawahi, jangan terlalu banyak tidur siang. Karena tidur siang terlalu lama membuat kepala semakin berat, dan tentu kurang baik. Demikianlah ulasan tentang manfaat tidur siang menurut islam.

lelah di kantor ??? 300 widget kanan