Hukum dan Bahaya Puasa Ibu Menyusui eksklusif

Seberapa Bahaya Puasa Ibu Menyusui? Inilah Penjelasannya

 

Sebenarnya amankah puasa ibu menyusui? Apakah ada dampak terhadap bayi? Lantas apakah ada trik khusus untuk puasa bagi ibu yang sedang menyusui? Bagaiman kualitas ASI saat sedang berpuasa?

Pada dasarnya puasa Ramadhan tetap wajib bagi ibu yang sedang menyusui. Namun dalam hal ini Islam memberi kelonggaran bagi ibu yang sedang menyusui untuk tidak berpuasa dulu.

Jika alasan Anda tidak berpuasa lantaran kasihan terhadap diri Anda maka cukup hanya dengan membayar hutang puasa di lain waktu. Akan tetapi jika alasan Anda tidak berpuasa lantaran kasihan terhadap bayi Anda maka selain mengganti puasa, Anda juga diwajibkan untuk membayar fidiyah.

Meskipun waktu Anda tidak makan selama 14 jam saat sedang berpuasa, namun sebenarnya komposisi ASI tidak akan berubah ataupun tidak akan berkurang dari segi kualitasnya jika dibandingkan dengan pada saat Anda tidak berpuasa.

Hal ini disebabkan tubuh Anda akan melakukan mekanisme kompensasi dengan mengambil cadangan zat-zat gizi yakni energi, lemak, protein, vitamin, dan juga mineral dari simpanan tubuh.

Sebenarnya komposisi ASI ini baru akan berkurang manakala Anda menderita kekurangan gizi berat. Sebab dalam kondisi seperti ini tidak akan ada lagi cadangan zat gizi yang bisa memasok kebutuhan produksi ASI yang lengkap.

5 Trik Ampuh Puasa Untuk Ibu Menyusui

Ibu Menyusui eksklusif

Meskipun sebenanrnya puasa bagi ibu menyusui tidak akan merubah kualitas ASI namun khusus untuk ibu yang menyusui eksklusif dan usia bayi kurang dari 6 bulan supaya menunda untuk berpuasa terlebih dahulu.

Kenapa demikian, hal ini disebabkan lantaran pada kondisi ini ASI merupakan satu-satunya asupan cairan dan juga gizi bagi bayi. Pada masa inilah metabolisme tubuh Anda akan bekerja dengan keras supaya bisa terus menerus memprodukasi ASI dengan komposisi yang lengkap.

Namun jika Anda memutuskan untuk tetap menjalankan ibadah puasa, mungkin trik berikut ini dapat Anda lakukan:

  1. Asupan Menu dengan Gizi Seimbang

Seorang ibu yang sedang meyusui membutuhkan tambahan kalori seitar 700 perharinya. 500 kalorinya diambil dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi dan 200 kalori akan diambilkan dari cadangan lemak yang ada di dalam tubuh Anda.

Untuk itulah sangat penting bagi ibu menyusui yang tetap berpuasa agar suapaya tetap mempertahankan pola makan 3 kali sehari dengan mengkonsumsi menu gizi yang seimbang.

Hal ini bisa dilakukan pada saat berbuka puasa, menjelang tidur sehabis shalat tarawih, dan pada saat sahur. Komposisi menu makanan dengan gizi yang seimbang ini bisa menghasilkan sari makanan yang juga bagus untuk bayi.

  1. Usahakan Perbanyak Konsumsi Cairan

Usahakan dari waktu berbuka sampai sahur untuk meminum air putih sebanyak 2 liter. Lebih bagus lagi jika Anda tambah dengan jenis cairan lainnya seperti halnya juice buah dan susu.

Usahakan juga untuk meminum segelas susu pada saat sahur. Ini sangat berguna untuk mengurangi potensi ibu yang sedang menyusui terkena ancaman anemia. Sedangkan meminum jenis minuman yang hangat saat berbuka puasa bisa merangsang kelancaran ASI bagi ibu yang sedang menyusui.

  1. Istirahat Cukup

Sudah menjadi hal yang wajar jika puasa membuat badan menjadi lemas. Apalagi bagi ibu yang sedang menyusui. Maka dari itu usahakan untuk istirahat yang cukup. Bisa dengan tidur atau sekedar relaks untuk menenagkan pikiran.

Perlu Anda ketahui bahwa sebenanrnya dengan semakin sering payudara Anda dihisap oleh bayi maka secara otomatis produksi dari ASI akan semakin bertambah. Untuk itulah jika selama puasa Anda tetap menyusi maka ASI akan menjadi semakin lancar.

  1. Meminum Madu

Dengan meminum madu ini ternyata selain bisa menjaga kuantitas ASI juga bisa menjadi kualitasnya. Hal ini disebabkan lantaran madu ini mengandung vitamin alami dengan komposisi yang sangat lengkap.

Jadi pada dasarnya ketika ibu yang sedang menyusui bisa memenuhi gizi yang diperlukan oleh tubuh maka puasa ibu menyusui ini tidaklah berbahaya baik untuk ibu mapun bayi.

 

lelah di kantor ??? 300 widget kanan