Tips makan sahur agar kuat puasa tidak lapar dan lemas

header niko 728 x 90

Mau Puasa Terasa Lebih Ringan? Simak Tips Makan Sahur Agar Kuat Puasa Ini!

 

Tips makan sahur agar kuat puasa ini cukup penting, terutama untuk jaga-jaga supaya puasa lebih menyenangkan, jauh dari kesan lemah dan lesu. Selama puasa, Anda diwajibkan untuk menjaga diri dari menelan sesuatu, apapun bentuknya. Yang artinya, asupan apapun tidak diperbolehkan selama menjalankan ritual puasa.

Bagi yang belum terbiasa, rasa lapar pasti ada. Namun bukan berarti jika lapar ini akan terasa sangat memberatkan. Tentunya bila Anda menerapkan beberapa hal selama makan sahur. Inti dari puasa menyenangkan adalah pada saat bersantap sahur. Anda perlu pandai dalam menyiapkan menu sahur. Tujuannya tentu saja agar apa yang Anda konsumsi bisa menjadi jalan ibadah, membuat perut tidak mudah lapar sepanjang hari.

Di sini, Anda akan diajak untuk lebih cerdas memilih sajian di kala waktu sahur tiba. Jadi, simak benar-benar tipsnya di bawah ini!

Pertama, Pilihlah Makanan Yang Kaya Akan Kandungan Karbohidrat Komplek

Tips pertama yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan makanan. Makanan yang bagus untuk dikonsumsi ketika waktu sahur adalah beras merah, kentang, ataupun ubi.Makanan ini sangat bagus untuk menjaga tubuh terpenuhi asupan gizi. Kemudian, asupan tersebut juga cukup baik dalam hal diserap oleh tubuh. Karena memang asupan tersebut bersifat lambat diserap.

Dengan kata lain, zat yang dibutuhkan oleh tubuh selalu ada di tiap dibutuhkan oleh tubuh. Dan itu bisa didapatkan dari makanan-makanan yang termasuk dalam makanan mengandung karbohidrat komplek.

Kedua, Lengkapi Sayuran Dan Buah

Sudah barang tentu sayuran dan buah adalah asupan baik untuk tubuh. Buah dan sayur selalu menjadi teman baik untuk kesehatan. Terutama dalam menjaga tubuh lebih ideal, tercukupi nutrisi, sampai menahan pemprosesan glukosa lebih cepat.

Ingat, kadar gula dalam darah selama puasa sangat mudah menurun karena digunakan untuk beraktifitas. Akibatnya, tubuh sangat mudah capek.

Anda bisa mengakalinya dengan menahan penggunaan glukosa dari makanan secara efisien. Yaitu dengan memanfaatkan buah dan sayur yang kaya akan kandungan serat.

Ketiga, Perbanyak Minum Air Putih

Tips agar kuat puasa seharian selanjutnya adalah membiasakan diri minum air putih pada waktu sahur.

Anda bisa minum air mineral cukup banyak ketika masa berbuka selama berkala. Kemudian untuk waktu sahur, usahakan untuk minum kurang lebih 2 gelas air mineral.

Air mineral ini bisa menjaga tubuh lebih terhidrasi. Ini berarti jika tubuh akan tetap segar selama seharian penuh.

Supaya pengaruhnya bisa terlihat, Anda perlu memperhatikan asupan garam di tiap kali sahur. Pastikan untuk tidak mengkonsumsi garam terlalu banyak dalam sajian santap sahur.

Pasalnya, garam tinggi membuat Anda mudah dehidrasi. Akibat lainnya adalah membuat perut sangat mudah lapar. Jadi, minimalkan penggunaan garam tinggi dalam makanan sahur.

Keempat, Akhirkan Sahur

Tips yang terakhir supaya kuat puasa adalah memilih waktu makan sahur di akhir waktunya. Minimal Anda tidak terlalu mepet dengan waktu fajar tiba.

Dikhawatirkan jika terlalu mepet, Anda akan terburu-buru. Akhirnya, Anda menyantap makanan tanpa pikir dua kali.

Intinya, Anda sudah mengatur waktu sahur yang diinginkan. Kemudian bangun untuk sahur dengan menu yang bisa mengenyangkan di sepanjang hari.

Dan yang terakhir adalah biasakan untuk tidak tidur setelah sahur. Fungsinya adalah untuk membiasakan diri puasa di hari selanjutnya.

Dengan menerapkan empat hal di atas, puasa Anda akan lebih terjaga. Jadi, sudah siap menerapakan tips makan sahur agar kuat puasa di atas?

lelah di kantor ??? 300 widget kanan