cara mengatasi bayi yang suka muntah sehabis minum asi

Tips cara mengatasi bayi yang suka muntah selepas makan dan menyusu

cara mengatasi bayi yang suka muntah
bayi muntah waktu makan

Banyak orang tua bebelum tahu  cara mengatasi bayi yang suka muntah  terutama saat usia bayi memasuki 6 bulan , karena pada masa ini bayi sudah mulai di beri makanan pendamping ASI yang berupa makanan yang di haluskan. Bayi sering memuntahkan makanan jika di suapi dengan makanan atau susu dalam dunia kedokteran istilah ini di sebut refluks.

Apa yang menyebabkan bayi sering muntah ?

Dalam masa penyesuaian untuk makan bayi akan melakukan respon secara lami dan otomatis yaitu mengeluarkan lidah saat makanan atau sesuatu melalui mulut dan tenggorokannya. Bunda tak perlu khawatir , kebanyakan mengira bahwa bayi tidak suka terhadap makanan tersebut. Padahal Bayi sedang menyesuaikan dan membiasakan terhadap makanan. Itulah sebabnya bayi sering muntah sehabis minum asi atau di suapi makanan.

Tips dan tindakan cara mengatasi bayi yang suka muntah

Ketika Bunda ingin menyuapi makanan , buat bayi merasa tenang dan nyaman. Sebaiknya hindari menyuapi makanan dengan sendok yang penuh makanan , sebaiknya letakkan ujung sendok ke mulutnya secara perlahan. Melalui cara seperti ini bayi anda akan merasakan atau mengecap makanan terlebih dahulu menggunakan lidahnya dan kemudian ia akan menelan tanpa terpaksa.

Jika sering di lakukan maka bayi akan terbiasa untuk menggunakan lidahnya untuk makanan makanan. Jika bayi masih muntah juga , sebaiknya tidak di paksakan agar ia menghabiskan makanan. Bunda bisa terus mencoba di waktu yang lain , karena semakin bayi sering di latih maka ia akan terus terbiasa dan secara perlahan tidak lagi memuntahkan makanan.

Muntah bayi yang harus diwaspadai

Bila bayi anda secara terus menerus memuntakan makanan , kemungkinan ada masalah dengan pencernaannya. Segera konsultasikan ke dokter apabila menunjukkan gejala seperti di bawah ini:

  1. Muntahan bayi  berwarna hitam, hijau,  kemerahan bercampur dengan darah.
  2. Muntah terus menerus selama 24 jam
  3. Bayi tidak mau minum atau makan sama sekali  dalam beberapa jam
  4. Tubuh bayi demam tinggi.

Itulah beberapa tips cara mengatasi bayi yang suka muntah , hingga menunjukkan muntah bayi yang berbahaya dan harus diwaspadai.

Sumber : http://www.motherandbaby.co.id

lelah di kantor ??? 300 widget kanan

Leave a Reply

Your email address will not be published.