Cara membujuk Anak agar mau mengaji

Bagaimana Cara membujuk Anak agar mau mengaji ?

Sebagai orang tua tentunya membekali anak dengan berbagai macam pengetahuan adalah suatu kewajiban. Disamping kewajiban lain yaitu melindungi dan membesarkan mereka hingga dewasa. Termasuk juga cara membujuk Anak agar mau mengaji  serta mengajari anak untuk mengaji atau membaca Al-Quran jika orang tua mampu mengajari sendiri, namun jika tidak kewajiban kita adalah menitipkan putra-putri kita kepada ustadz atau guru agama yang kita anggap mampu untuk membimbingnya belajar membaca Al Quran.

tips agar anak rajin mengaji
Membimbing Anak Mengaji Al Quran Kewajiban orang tua

Di sekitar rumah tempat kita tinggal tentu banyak guru mengaji yang sering mengajar di masjid atau mushola, atau kita bisa menyekolahkannya di pondok pesantren atau madrasah. Menurut Ibnu Qaldun yang tertulis dalam kitabnya Al-Muqoddimah mengajarkan putra-putri kita membaca dan menggali ilmu Al Quran juga termasuk menegakkan syiar agama Islam.

Mengajarkan anak membaca dan mengenal Al Quran harus dimulai sedini mungkin, bahkan sejak anak dalam kandungan ayah atau bunda membacakan ayat suci Al Quran secara rutin agar ia kelak sudah terbiasa dengan lantunan ayat-ayat suci Al quran. Belajar Al Quran di usia dini di samping lebih mudah, juga bisa membentuk akhlak atau aqidah yang kuat pada diri anak.

Lingkungan sekitar juga sangat berpengaruh terhadap kebiasaan anak dalam mengaji, jika banyak anak-anak lain yang belajar mengaji tentu anak kita pun akan bersemangat juga untuk ikutan belajar mengaji. Dan kita sebagai orang tua pun harus rajin mengaji atau mengikuti pengajian agar anak juga meniru tingkah laku yang baik dari orang tuanya.

Mulailah dengan Doa Agar Anak soleh dan soleha

Berikan juga pengertian kepada anak-anak bisa melalui cerita-cerita islami atau kisah para nabi dan rasul. Jangan lupa menyisipkan pesan moral bahwa sebagai hamba Allah harus menjalani semua perintah dan menjauhi apa yang di larang oleh Allah SWT.

Dan selalu memberi suri tauladan yang baik, agar menjadi contoh bagi putra-putri kita. Dukung anak dengan membentuk kebiasaan dan jadwal yang rutin untuk mengaji atau pun menghafal Alquran.

Metode mengaji dan menghafal Al Quran juga harus tepat dan sesuai dengan perkembangan dan usia anak sehingga anak tidak merasa terbebani dan tertekan dengan metode yang berat dan tidak sesuai dengan usia anak.

Berikan Reward dan Pujian Yang tulus

Di usianya yang masih belia, tentu anak masih bebas dalam bermain dan berekspresi sebagai orang tua kita bisa memberi pengertian tentang keistimewaan orang-orang yang hafal Al Quran dan rajin mengaji. Dan berilah ia pujian yang tulus atau sekedar hadiah atas pencapaian prestasinya, karena dapat memotivasinya untuk meraih dan mempertahankan pencapaiannya.

Dan yang sangat penting adalah jangan lelah dan lalai dalam membimbing serta mengingatkan anak agar selalu rajin mengaji. Tentu masih banyak metode dan cara membujuk anak agar mau mengaji dan menghafal Al Quran dengan tetap memperhatikan hak-hak anak dan perkembangan usianya.

lelah di kantor ??? 300 widget kanan

Leave a Reply

Your email address will not be published.