Berapa Usia anak masuk sekolah TK yang Ideal?

header niko 728 x 90

Usia anak masuk sekolah TK dengan Memperhatikan Aspek Kognitif dan Emosional

Banyak para orang tua yang bertanya sebenarnya berapa  Usia anak masuk sekolah tk yang paling ideal. Karena hal ini sangatlah penting untuk mengetahui kesiapan anak baik secara emosi maupun secara kognitif , secara emosi yang dimaksudkan misalnya apakah anak sudah mampu secara mandiri dan memiliki semangat dan motivasi untuk sekolah. Sedangkan secara kognitif apakah anak mampu menyelesaikan tugas-tugas yang di berikan di sekolah, memperhatikan saat guru menerangkan dan mengikuti instruksi saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Persiapan anak masuk sekolah TK / PAUD tentu harus di pikirkan matang-matang, pada sekolah PAUD tentu anak akan lebih banyak bermain , berinteraksi dengan teman sebaya dan gurunya. Semua kegiatan pada sekolah PAUD atau playgroup adalah masa persiapan bagi anak untuk memasuki sekolah TK yang tentunya yang tentunya lebih kompleks di bandingkan sekolah PAUD.

Menurut Pakar anak  Efriyani Djuwita , umur anak masuk sekolah playgroup atau PAUD idealnya pada usia 4 tahun karena di playgroup tidak terlalu formal di bandingkan sekolah TK. Di playgroup inilah masa yang tepat untuk mengembangkan emosi dan kognitif anak agar kelak ia lebih siap saat memasuki sekolah TK.

Lalu berapa usia ideal anak masuk sekolah TK? Menurut Efriyani Djuwita pada usia 5 tahun bisa saja anak di masukkan sekolah TK namun harus tetap memperhatikan kesiapan anak baik secara emosi dan kognitif. Sebagai orang tua sebaiknya memperkenalkan pendidikan sejak dini yang di mulai dari rumah , dan tidak memaksa anak untuk masuk sekolah PAUD / TK jika memang anak belum menginginkanya.

Idealnya Usia anak masuk sekolah tk 4- 5 tahun?

Usia anak masuk sekolah paud idelanya 3 – 4 tahun namun tetapa memperhatikan kesiapan anak juga baik secara fisik , emosi dan kognitifnya. Begitu juga usia tepat anak masuk sekolah TK antara 4 hingga 5 tahun karena pada usia ini kemampuan emosi dan kognitif anak sudah berkembang dengan baik. Yang tidak kalah penting adalah kesabaran orang tua dalam mendidik dan mendukung anak saat di rumah , misalkan dengan memperkenalkan berbagai macam warna dan bentuk benda dengan alat-alat permainan yang mendukung.

Dirumah orang tua dapat melatih kesiapan fisik anak terutama motorik halus seperti melipat , menggunting , membedakan bentuk , menulis, dll. Sedangkan motorik kasar seperti berlari , melempar , memanjat , dan  melompat  juga harus di latih agar anak siap secara fisik dan mental di sekolahnya.

Persiapan fisik , kognitif , dan emosional sangat di butuhkan saat usia anak masuk sekolah tk  sudah di mulai. Jadi sebagai orang tua tentu lebih tahu kapan usia anak untuk masuk sekolah PAUD / TK dengan berpedoman pada ketentuan-ketentuan diatas.

lelah di kantor ??? 300 widget kanan

Leave a Reply

Your email address will not be published.