jam berapa Waktu Yang Tepat Untuk Makan Sahur

header niko 728 x 90

Inilah Waktu Yang Tepat Untuk Makan Sahur Di Bulan Puasa

Waktu Yang Tepat Untuk Makan Sahur

Sahur bisa dilakukan kapan saja sepanjang malam, namun mengenai keberkahan, tahukah Anda tentang waktu yang tepat untuk makan sahur di tiap malam bulan puasa?Sahur sendiri merupakan satu paket dalam puasa. Sahur ini berupa makan dan minum untuk menjaga kebugaran di sepanjang hari.

Di masyarakat sendiri, sahur terkadang dianggap sepele. Ada yang merasa sangat kuat puasa, kemudian sahur tidak dilakukan. Padahal, sahur sendiri merupakan sebuah anjuran. Yang berarti jika dilakukan menjadi bagian kesunnnahan yang berpahala. Lagian, sahur ini gunanya untuk membuat Anda kuat menahan lapar sejak fajar terbit sampai terbenamnya matahari.

Pertanyannya sekarang adalah kapan waktu yang pas untuk makan sahur. Inilah yang akan diulas di bawah ini.

Waktu Yang Baik Untuk Makan Sahur

Diriwayatkan oleh imam Ahmad bahwa janganlah kalian tinggalkan sahur meskipun kalian hanya minum seteguk air. Sesungguhnya Alloh dan malaikatNya bershalawat kepada orang yang melaksanakan sahur.

Di sini, gambaran puasa yang bagus tentu diikuti dengan sahur. Sama halnya dengan berbuka. Karena pengertian puasa sendiri adalah menahan lapar dan dahaga yang mana dimulai dari saat fajar sampai terbenamnya matahari.

Sahur sendiri sangat dianjurkan bagi orang yang melaksanakan puasa. Bahkan dalam riwayat imam ahmad di atas menunjukkan kalau sahurnya hanya dengan seteguk air minum saja.

Karena di dalam makan sahur tersebut, ada sisi keberkahan yang besar dimana Alloh dan malaikatNya akan bershalawat, dihadiahkan untuk orang yang melaksanakan sahur tersebut.

Sementara mengenai waktu untuk makan sahur yang tepat, nabi Muhammad SAW mengajarkan orang untuk makan sahur di akhir pagi. Hal ini sesuai dengan apa yang diriwayatkan imam Bukhori berikut.

Dari Anas bin Malik ra, bahwasannya Nabi SAW dan Zaid bin Tsabit ra pernah makan sahur. Ketika keduanya selesai makan sahur, nabi SAW berdiri untuk sholat, lalu beliau mengerjakan sholat. Kami bertanya pada Anas tentang berapa lama antara selesainya makan sahur mereka berdua dan waktu melaksanakan sholat shubuh. Anas menjawab, yaitu sekitar seseorang membaca 50 ayat alqur’an.

Dari sini, imam syafi’i menafsirkan kalau hadis ini menjadi sebuah dalil tentang sunnahnya jika orang yang berpuasa mengakhirkan sahur. Bahkan mendekati waktu subuh sebagaimana yang diajarkan oleh nabi SAW.

Hikmah Mengakhirkan Waktu Sahur

Mengakhirkan waktu sahur di tiap paginya tentu baik dilakukan. Ini merupakan sebuah sunnah yang berpahala, dan tentunya penuh dengan keberkahan.

Ditinjau dari sisi yang berbeda, mengakhirkan waktu sahur menjadi sebuah ruhsoh atau keringanan buat orang yang akan menjalankan puasa.

Orang yang puasa tidak dituntut untuk makan sahur di tengah malam, apalagi sebelumnya yang bisa membuat perut terasa sangat lapar di pagi harinya.

Artinya, mengakhirkan waktu sahur ini ditujukan agar tidak memberatkan bagi yang menjalankannya. Secara puasa sendiri menahan diri dari makan dan minum selama beberapa jam.

Selain meringankan, mengakhirkan waktu makan sahur bisa meminimalisir orang untuk melalaikan kewajiban sholat subuh.

Normalnya, sahur di tengah malam akan membuat kantuk. Kantuk yang tak tertahankan akan membuat orang tidur pulas. Akhirnya, orang akan bangun lebih lama sampai waktu subuh terlewati.

Berbeda jika orang sahur mendekati waktu subuh, tentu orang tidak mudah lalai untuk melaksanakan kewajiban sholat subuh.

Demikianlah ulasan mengenai waktu yang tepat untuk makan sahur beserta hikmah kenapa orang melakukan sahur di waktu tersebut.

lelah di kantor ??? 300 widget kanan