Apakah Makan Sahur Bikin Gemuk menurut islam

header niko 728 x 90

Apakah Makan Sahur Bikin Gemuk? Inilah Jawabannya

Makan Sahur

Apakah makan sahur bikin gemuk? Pertanyaan ini menjadi sangat penting dijawab terutama bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Sebab banyak yang merasa khawatir jika makan sahur hanya bikin berat badan bertambah.

Saat bulan ramadhan, memilih menu sahur yang pas memang sangat diperlukan. Sebab dengan memilih menu sahur yang tepat inilah puasa akan menjadi lancar, bisa berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan. Dengan memilih menu sahur yang tepat inilah tubuh akan tetap bugar pada saat siang hari.

Banyak yang beranggapan bahwa dengan mengkonsumsi makan yang banyak saat sahur akan berdampak tubuh tidak terasa lapar sampai nanti menjelang waktu berbuka. Pertanyaannya sekarang adalah apakah benar persepsi yang semacam ini?

Persepsi yang seperti ini ternyata salah besar. Kenapa demikian, sebab ternyata semakin Anda kekenyangan saat makan sahur malah akan berdampak mudah sekali lapar. Kondisi seperti ini disebabkan lantaran lambung yang terisi penuh akan memicu kerja lambung menjadi semakin cepat.

Namun terlepas dari semua itu, yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah apakah makan sahur bisa bikin gemuk?

Sebenarnya yang bisa bikin gemuk itu bukan makan sahurnya akan tetapi jenis makanan yang Anda konsumsi pada saat sahur. Jadi jika Anda mengkonsumsi menu sahur yang tepat maka makan sahur ini tidak bikin berat badan Anda bertambah.

Menu Sahur Sehat Dan Tidak Bikin Gemuk

Di atas sudah sangat jelas bahwa apakah makan sahur bisa bikin gemuk maka jawabannya adalah tergantung menu makanan apa yang Anda santap saat makan sahur. Selain itu persepsi tentang memperbanyak porsi makan saat sahur dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama itu juga merupakan persepsi yang salah.

Jika Anda ingin puasa tetap lancar maka disarankan untuk memilih menu sahur yang tepat. Beeikut ini merupakan contoh beberapa menu sahur yang sehat dan tidak bikin gemuk:

  1. Sup

Selain menjadi menu makan yang cocok saat sahur, sup ini menjadi salah satu menu sahur yang sangat dianjurkan waktu sahur. Sebab kandungan protein serta sayuran yang ada di dalamnya.

Selain itu, dengan mengkonsumsi sup saat sahur bisa membuat perut Anda akan tetap terasa penuh sehingga Anda tidak mudah untuk lapar. Jadi Sup ini bisa membuat puasa Anda menjadi lancar, tidak lemas, dan juga lesu.

  1. Telur

Mengkonsumsi protein sehat saat sahur bisa membuat tubuh Anda menjadi semakin bertenaga serta tidak mudah lesu. Salah satu sumber makanan yang sangat kaya akan kandungan protein adalah telur.

Namun sebisa mungkin hindari mengolah telur ini dengan cara digoreng. Sebab lemak berlebih dapat memucu kantuk saat Anda sedang berpuasa. Hal ini bisa membahayakan lantaran pola puasa yang seperti ini berpotensi besar membuat berat badan Anda semakin bertambah.

  1. Kentang

Perlu Anda ketahui bahwa kentang ini ternyara bisa membuat kenyang tiga kali lipat dari pada roti. Selain itu kentang juga salah satu jenis makanan yang bisa membuat kenyang lebih lama dan tidak bikin gemuk.

  1. Oatmeal

Anda tentunya sudah sangat mengenal dengan menu makan yang satu ini. Sebab oatmeal ini sering sekali menjadi menu saat sarapan pagi. Oatmeal ini menjadi rekomendasi untuk menu makan sehat saat sahur lantaran oatmeal mengandung serat yang sangat tinggi sehingga bisa mengenyangkan dalam jangka waktu yang lebih lama.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau ini juga dikenal sangat kaya akan serat di dalamnya. Untuk itulah kenapa sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu makan sahur yang sehat dan tidak bikin gemuk.

Selain itu sayuran hijau ini sangat bagus untuk pencernaan serta bisa menghindarkan Anda dari keinginan untuk ngemil. Maka dari itu sangat tidak mengherankan jika sayuran hijau ini sangat direkomendasikan saat makan sahur.

Pada dasarnya yang bikin gemuk itu tergantung dari menu makan sahur apa yang Anda pilih. Jadi bukan apakah makan sahur bikin gemuk ? anda sudah tahu jawabannya.

 

lelah di kantor ??? 300 widget kanan