Bahaya Makan Mie Instan Untuk Anak dan balita

header niko 728 x 90

Bahaya Makan Mie Instan Untuk Anak Yang Harus Orang Tua Ketahui

Meskipun ada bahaya makan mie instan untuk anak, namun jika Anda perhatikan masih saja banyak orang tua yang kurang memberikan perhatian lebih terhadap hal yang satu ini. Bahkan jika diperhatikan seolah-olah para orang tua menganggap mie instan ini jenis makanan yang wajar dan tidak berbahaya untuk anak.

Siapa yang tidak kenal dengan mie instan. Jenis makanan yang satu ini bisa dikatakan salah satu menu makanan favorit bagi orang Indonesia. Selain dari segi harga yang sangat terjangkau, kepraktisan cara membuatnya menjadi beberapa alasan terbesar kenapa mie instan banyak digemari masyarakan Indonesia.

Bahkan di Indonesia sendiri mie instan ini hadir dengan berbagai merek serta rasa yang tentu saja semakin menambah mie instan menjadi salah satu menu makanan favorit yang ada di Indonesia.

Sebenanrnya sudah banyak yang paham jika mie instan ini merupakan makanan yang memiliki bahaya serta tidak baik untuk dikonsumsi. Terlebih lagi bagi anak-anak. Memangnya apa bahaya makan mie instan bagi anak?

5 Bahaya Makan Mie Instan Pada Anak

Bahaya Makan Mie Instan Untuk Anak

Dibalik lezatnya mie instan ini ternyata tersimpan bahaya yang besar. Namun kebanyakan orang kurang memperhatikan bahaya yang ada pada mie instan tersebut. Apalagi jika mie instan ini sering dikonsumsi oleh anak-anak. Berikut ini adalah beberapa bahaya mie instan untuk anak yang harus orang tua ketahui:

  1. Penyakir Kanker

Tahukah Anda jika ternyata hampir semua bumbu dari mie instan ini mengandung zat pengawet. Jika buah hati Anda sering mengkonsumsi mie instan maka bisa menyebabkan terjadinya kanker. Perkembangan dari sel kanker ini ternyata dipicu oleh kandungan zat pengawet yang ada pada mie instan tersebut.

  1. MSG Berlebihan

Kandungan MSG (Moni Sodium Glutamat)  yang tingga pada bumbu mie instan ternyata juga bisa menjadi pemicu berkembangnya sel kenker atau zat karsinogenik di dalam tubuh buah hati Anda. Sehingga potensi buah hati menderita penyakit kanker menjadi semakin besar.

  1. Terganggunya Sistem Pencernaan

Bahaya mie instan pada anak selanjutnya adalah bisa mengganggu sistem pencernaannya. Zat lilin yang terkandung pada mie instan bisa memberikan efek buruk terhadap sistem pencernaan buah hati Anda.

Anak yang sering mengkonsumsi mie instan bisa berakibat terjadinya penumpukan atau terakumulasinya zat lilin di dalam tubuh anak sehingga bisa berefek sistem pencernaanya menjadi terganggu.

  1. Kebocoran Usus

Salah satu bahaya memakan mie instan untuk anak adalah kebocoran pada usus. Anak yang terlalu sering makan mie instan bisa berakibat dinding usus semakin menipis. Terlebih lagi untuk anak di bawah usia 6 tahun.

Untuk itulah disarankan jangan terlalu sering membiarkan buah hati untuk mengkonsumsi mie instan. Meskipun buah hati Anda menjadi lahap makannya jika menunya adalah mie instan.

  1. Menyebabkan Konstipasi

Menyebabkan konstipasi atau yang lebih dikenal dengan kesulitan pada sistem pencernaan merupakan salah satu bahaya mie instan bagi anak lainnya. Hal ini lantaran mie instan ini memiliki kandungan lemak serta karbohidrat yang tinggi namun kandungan seratnya rendah.

Selain itu mengkonsumsi mie instan secara berlebihan juga dapat menyebabakan perut menjadi kembung sampai berpengaruh ke usus dan organ pencernaan lainnya. Untuk itulah jangan membiasakan anak untuk mengkonsumsi mie instan.

Melihat banyaknya efek negatif makan mie instan untuk anak, sebagai orang tua sudah seharusnya Anda perlu memberikan perhatian lebih terhadap hal yang satu ini. Apalagi bahaya makan mie instan untuk anak ini potensinya lebih besar jika dibandingkan dengan orang dewasa.

 

lelah di kantor ??? 300 widget kanan