Amalan yang Baik di Bulan Rajab

header niko 728 x 90

Amalan yang baik di bulan rajab atau keutamaan bulan rajab menurut sebagian ulama tak ada sesuatu yang khusus padanya. Namun, berikut terdapat tuturan dari Ibnu Hajar yang menyatakan tak ada riwayat sahih (tiada cela atau sempurna) untuk dijadikan dasar (dalil) ihwal keutamaan di bulan Rajab. Hal itu termasuk di dalam bentuk seperti puasa sebulan penuh atau hanya berpuasa di hari tertentu di bulan Rajab atau ada kegiatan salat tahajud di sebuah malam tertentu dan sunnah puasa rajab.

Tuturan Ibnu Hajar ini telah didahului oleh pernyataan Imam Al-Hafidz Abu Ismail Al Harawi (Lathaiful Ma’arif, Hal. 213). Dan, dua pernyataan kedua ulama itu didasarkan oleh tafisr yang menyatakan tak ada amalan bulan rajab menurut sunnah secara khusus dari Rasulullah saw. Jika ada ulama atau siapa pun yang mengkhususkan adanya amalan tertentu di bulan itu maka menurut Islam disebut sebagai bid’ah.

Amalan yang Baik di Bulan Rajab Menurut Rasulullah

 

Di sisi lain, jika ada pribadi yang hendak melakukan ibadah puasa di bulan Rajab dengan berniat puasa sunnah di bulan-bulan haram yang dalam rangka amalan yang baik di bulan rajab, ia diperbolehkan. Hal itu didasari oleh hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad, Abu Daud, Al Baihaqi dan dan lain-lain yang pada intinya menyatakan tentang kedatangan suku Al Bahili yang kala itu bertemu dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ia pun meminta minta pelajaran tentang puasa pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun menasihati untuk berpuasa sehari dalam waktu tiap bulan.

Namun, orang tadi menjawab untuk minta tambahan puasa karena masih kuat. Dan, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab kembali pada orang tersebut untuk berpuasa tiga hari dalam satu bulan. Namun, orang ini tetap saja ingin ditambahi. Di bulan Rajab ini untuk umrah hukumnya boleh.

Amalan doa bulan Rajab

Seperti riwayat Ibnu Umar yang menyatakan pada intinya: sejatinya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjalankan ibadah umrah kala bulan Rajab. Namun, Peristiwa itu dijawab (baca: ingkari) oleh istri baginda yakni Aisyah bahwa sepanjang usianya, Aisyah belum pernah melihat suaminya itu (Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam) melakukan umrah di bulan Rajab.

Ada beberapa amalan sunnah bulan rajab seperti amalan doa-doa seperti membaca doa di awal bulan , sholat sunnah tasbih dan berpuasa sunnah. Banyak membaca dzikir dan wirid serta lebih banyak membaca sholawat nabi seperti اَللهُمَّ صَلِّى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ .

Bacaan doa dzikir dan wirid selama dalam bulan rajab :

  • Tanggal 1 s/d 10 rajab : سُبْحَانَ اللهُ حَيُّ الْقَيُّوْمُ    (hingga 100x)
  • Tanggal 11 s/d 20 rajab :  سُبْحَانَ اللهِ اَحَدِ الصَّمَدْ  ( hingga 100x)
  • Tgl 21 s/d 30 Rajab membaca : سُبْحَانَ اللهُ الرَّؤُوْفُ  ( hingga 100x)

Itulah amalan-amalan  di bulan rajab yang di sunnahkan , bulan rajab merupakan salah satu bulan yang memiliki keutamaan. Karena bulan rajab adalah masa ata fase awal untuk memasuki bulan Ramadhan yaitu bulan yang penuh keberkahan, maghfirah dan rahmat Allah SWT.

Jadi, menurut penjelasan sebelumnya, tak ada keutamaan bulan rajab yang diwajibkan. Demikianlah, ulasan amalan yang baik di bulan rajab.

lelah di kantor ??? 300 widget kanan

Leave a Reply

Your email address will not be published.